Kamis, 08 Oktober 2009

Mengatasi Kegemukan Tingkat Tinggi alias Obesitas

Apakah anda merasa bahwa tubuh anda gemuk? Apakah anda ingin menurunkan berat badan? Gimana sih cara nurunin berat badan yang mudah, cepet, aman??? (Mana ada yang kaya gitu?? ^^,)

Hmm, Kini banyak orang mulai berlomba-lomba mengurangi bobot tubuhnya, meskipun banyak yang melakukannya dengan cara keliru, bahkan ingin langsing dengan cara instant. Sayang bukannya langsing yang didapat, tapi ujung-ujungnya malah masuk rumah sakit. Mengusir gemuk bisa dibilang gampang-gampang susah. Seringkali berat badan naik kembali setelah berhasil diturunkan, turunnya pelan-pelan, naiknya cepet banget. Hal inilah yang disebut sebagai “Efek Yo-Yo”, yaitu berat badan naik-turun seperti gerakan mainan yo-yo. Perlu diingat, badanmu gak sama seperti balon, yang setelah mengembang bisa dengan mudah dan cepet dikempesin. Membuang lemak juga gak seperti membuang angin, perlu ketelatenan dan kesabaran untuk merubah kebiasaan.

Pepatah lama mengatakan "mencegah lebih bak daripada mengobati", gimana cara mencegah obesitas? Langkah-langkah ini perlu untuk anda lakukan.

* Pola makan seimbang
* Pola hidup seimbang (olahraga / aktivitas fisik)
* Pola pikir positif (menghindari / mengelola stress)
* Memantau kesehatan berkala (PENTING!, tetapi sering dilupakan)

Kalau obesitas sudah kadung terjadi, lalu apa yang harus dilakukan? Mau tidak mau Anda harus menurunkan berat badan (ingat resiko yang mengancam kesehatan anda??). Yang harus dilakukan juka Anda sudah Obes adalah:

1. Menurunkan berat badan, dengan cara:
* Intervensi Pola Makan (DIET)
* Intervensi Pola Aktivitas (Hindari hidup santai, banyaklah bergerak)
* Pola Hidup Sehat (tidak merokok, tidak stress)

2. Deteksi Sindrom Metabolik : kunjungi dokter, periksa fisik & laboratorium.

3. Tambahan terapi sesuai dengan kondisi Sindrom Metabolik.

Saat ini beragam cara memerangi obesitas banyak kita jumpai, mulai cara konvensional seperti mengatur pola makan, hidup teratur, berolahraga, sampai menggunakan alat bantu misalnya obat pelangsing, akupuntur, sedot lemak, bedah bariatric, dll. Tapi untuk kasus obesitas yang berat, apalagi bila disertai dengan penyakit yang menyertai, lebih baik jika dokter yang memutuskan cara penanganan kasusnya, tidak mencoba-coba cara-cara menurunkan berat badan tanpa dipandu oleh ahli.

1 komentar:

  1. CARA MUDAH MENGATASI KEGEMUKAN...?? Kegemukan Pergi & Tak Kembali
    Berapa panjang ikat pinggang Anda? Semakin panjang ikat pinggang, justru kian pendek usia akibat banyak penyakit berdatangan.
    Sebaliknya kian pendek ikat pinggang, makin panjang usia. Usia kita memang “ditentukan” oleh ukuran ikat pinggang. Ikat pinggang yang panjang itu akibat timbunan lemak di rongga perut karena obesitas.
    Obesitas itulah yang mengundang beragam penyakit seperti jantung koroner, penyempitan pembuluh darah, hipertensi, dan diabetes mellitus. Sebelum penyakit mematikan itu datang, mencegah dan mengatasi obesitas keputusan paling bijaksana.
    Caranya sangat mudah dan murah, yaitu dengan memanfaatkan tanaman herbal Daun Jati Cina yang berkhasiat Merobohkan kelebihan lemak untuk membantu mengurangi berat badan serta melawan obesitas.

    BalasHapus