Kamis, 08 Oktober 2009

Berat Badan Anda Menentukan Kesehatan Anda Lho...


Banyak orang memimpikan untuk memiliki berat badan yang ideal. Ya! Tentu karena berat badan memang sangat berkaitan dengan kesehatan manusia. Manusia yang sehat, tidak terlepas pada sehat jasmani saja, tetapi juga sehat rohani. Sehingga tubuh sehat dan ideal dari segi kesehatan meliputi aspek fisik, mental dan sosial dan tidak hanya bebas dari penyakit (WHO 1950)). Semua aspek tersebut akan mempengaruhi penampilan atau performance setiap individu, dalam melakukan aktivitas sehari hari seperti bekerja, berkarya, berkreasi dan melakukan hal-hal yang produktif serta bermanfaat.

Kesehatan, pendidikan dan pendapatan setiap individu merupakan tiga faktor utama yang sangat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu setiap individu berhak dan harus selalu menjaga kesehatan, yang merupakan modal utama agar dapat hidup produktif, bahagia dan sejahtera.

Di dalam era globalisasi sekarang dimana terjadi perubahan gaya hidup dan pola makan, banyak negara terasuk juga di Indonesia menghadapi masalah gizi ganda. Di satu pihak masalah kurang gizi yaitu: gizi buruk, anemia, Gangguan Akibat Kurang Yodium (GAKY) dan Kurang Vitamin A (KVA) masih merupakan kendala yang harus ditanggulangi, namun masalah gizi lebih cenderung meningkat terutama di kota-kota besar. Hasil survey Indeks Massa Tubuh (IMT) tahun 1995 – 1997 di 27 ibukota propinsi menunjukkan bahwa prevalensi gizi lebih mencapai 6,8% pada laki-laki dewasa dan 13,5% pada perempuan dewasa.

Berat badan sangat berkaitan dengan kesehatan. Berat badan kurang (underweight) akan membawa dampak negatif bagi kesehatan, berat badan lebih (overweight/obesse) pun sama akan membawa dampak buruk. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kegemukan (overweight/obesse) menyebabkan badan menjadi cepat lelah, pernapasan terganggu, dan rawan dihinggapi penyakt-penyakit degeneratif seperti jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes, dislipidemia (kolesterol tinggi), radang sendi, kanker, dll. Penyakit degeneratif saat ini telah menjadi penyebab utama kematian di dunia. Selain itu, kegemukan juga membawa masalah kejiwaan seperti krisis percaya diri, kecemasan, kemalasan, dll. Masalah psikososial juga sering dialami oleh orang-orang yang obesse.

Oleh karena itu, upaya untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal sangat diperlukan. Bagaimana kita mengetahui berat badan yang ideal?? Nantikan postingan anrtikel selanjutnya.

To Be Continued… ^^,

Pustaka:
Azwar A, Prof. Dr. dr. MPH. 2004. Tubuh Sehat dan Ideal dari Segi Kesehatan, Makalah Seminar Kesehatan Obesitas, Senat Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UI. JAkarta: Depkes RI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar