Kamis, 08 Oktober 2009

Diet dan Perubahan Gaya Hidup Untuk Menghalau Obesitas











Kebanyakan orang akan merasa tidak nyaman bila memiliki tubuh yang besar. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan hingga mencapai ideal. Cara paling konvensional namun aman dan bersifat permanen adalah perbaikan gaya hidup, perubahan perilaku, dan pengaturan makan. Prinsipnya mengurangi asupan kalori (diet pembatasan makanan) dan meningkatkan keaktifan fisik, dikombinasikan dengan perubahan perilaku. Diet yang baik, tidak berarti harus "tidak makan", pembatasan makanan cukup untuk membuat tubuh beradaptasi dengan merombak cadangan makanannya (adiposit atau lemak).

Konsumsi kalori kurang adalah faktor penting untuk keberhasilan penurunan BB. Pengaturan makan disesuaikan dengan banyak faktor antara lain usia dan keaktifan fisik. Pengurangan konsumsi energ sebanyak 500-1000 kkal per hari, dapat menurunkan berat badan 0,5-1 kg per minggu. Makan jumlah sedang makanan kaya gizi, rendah lemak, dan rendah kalori. Pilih jenis makanan dengan kepadatan energi rendah seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, jenis karbohidrat yang berserat tinggi, hindari manis-manisan, kurangi lemak. Awasi ukuran porsi, dan hitung kalori, misalnya makanan yang diproses mengandung lebih banyak kalori daripada yang segar, banyak makan makanan yang dikukus atau direbus, bukan yang digoreng. Perbanyak kerja fisik, olahraga teratur, dan kurangi waktu nonton TV, hindari hidup santai (sedentary life) misalnya dengan cara jalan kaki dan naik tangga menuju tempat kerja, bukan naik lift.

Pembatasan kalori pada setiap penderita berbeda-beda dan obat yang diberikan disesuaikan dengan keadaan penderita. Sebaiknya, pentatalaksanaan dietuntuk obesitas sedang dan berat didampingi oleh nutrisionis atai dokter.
Pentatalaksanaan Diet Rendah Kalori
  • · Penderita dengan resiko kesehatan rendah, menjalani diet sedang (1200-1500 kalori/hari untuk wanita, 1400-2000 kalori/hari untuk pria) disertai dengan olah raga.
  • · Penderita dengan resiko kesehatan menengah, menjalani diet rendah kalori (800-1200 kalori/hari untuk wanita, 1000-1400 kalori/hari untuk pria) disertai olah raga
  • · Penderita dengan resiko kesehatan tinggi atau sangat tinggi, mendapatkan obat anti-obesitas disertai diet rendah kalori dan olah raga.
Unsur-unsur yang harus dipertimbangkan dalam memilih suatu program penurunan berat badan :
  • Diet harus aman dan memenuhi semua kebutuhan harian yang dianjurkan (vitamin, mineral dan protein). Diet untuk menurunkan berat badan harus rendah kalori.
  • Program penurunan berat badan harus diarahkan kepada penurunan berat badan secara perlahan dan stabil.
  • Sebelum sebuah program penurunan berat badan dimulai, dilakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.
Setelah penurunan berat badan tercapai, harus diikut dengan pemeliharaan berat badan. Pemeliharaan berat badan merupakan bagian tersulit dari pengendalian berat badan. Program yang dipilih harus meliputi perubahan kebiasaan makan dan aktivitas fisik yang permanen, untuk merubah gaya hidup yang pada masa lalu menyokong terjadinya penambahan berat badan. Program ini harus menyelenggarakan perubahan perilaku, termasuk pendidikan dalam kebiasaan makan yang sehat dan rencana jangka panjang untuk mengatasi masalah berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar